Apa Yang Dimaksud Dengan Linux?Berikut Penjelasannya

Sanketsblogs-Apa Yang Dimaksud Dengan Linux?Berikut Penjelasannya-Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas dan berbagi informasi mengenai sistem operasi Linux.

Apa Yang Dimaksud Dengan Linux?Berikut Penjelasannya

Sistem operasi Linux mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Pasalnya, mungkin karena Linux lebih banyak digunakan dalam pengembangan perangkat, tidak seperti Windows dan iOS yang digunakan untuk pengguna.

Linux adalah sebuah perangkat lunak open source, yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi dan mendistribusikan ulang kode sumber, Hal ini tidak sama dengan windows.

Baca juga : Cara mudah Install Upgrade Windows 11 gratis

Selain OS Windows dan MacOS, sebagian dari Anda mungkin ada juga yang sudah tidak asing lagi dengan OS Linux yang juga biasa digunakan untuk menjalankan komputer desktop atauu laptop.

Selain padda komputer, Linux juga sebenarnya sudah digunakan untuk menjalankan berbagai perangkat lain seperti halnya ponsel, smart TV, mobil, kulkas pintar, dan lain sebagainya.

Dan selain daripada itu, beberapa server internet juga bekerja dengan menggunakan sistem operasi Linux. KarenaLinux adalah sistem operasi komputer gratis yang dibuat oleh komunitas pengembang sumber terbuka.

Pertanyaannya apakah Linux itu berbayar? Jawabannya tidak berbayar dan semua pengguna dapat mengembangkan sistem operasi ini, oleh karena itu menyebabkan Linux menjadi sangat populer sebagai sistem operasi open source

Linux adalah sistem operasi komputer yang dapat berjalan di berbagai perangkat seperti ponsel, laptop, dan desktop.

Baca juga : cara lengkap dan mudah dipahami masuk ke bios Windows 10

Di komputer, Linux dapat digunakan sebagai sistem operasi seperti Windows. Namun, sebagian besar waktu Linux digunakan di server.

Sebanyak 90% Internet didukung oleh server Linux, Linux memiliki peran yang sama dengan OS Windows, Mac OS, iOS dan Android. Karena bersifat open source, Linux dapat digunakan dan dikembangkan secara bebas oleh para penggunanya.

Lalu apa perbedaan antara Windows dan Linux?

Dari pengartiannya yaitu, Windows adalah sebuah system operasi tertutup maka dari itu semua pengembangan system hanya bisa dilakukan di pabriknya, dan sedangkan linux adalah sebuah system operasi terbuka atau open source maka dari itu siapapun yang menggunakannya bisa mendownload source code yang dimiliki program dan juga bisa mengembangkannya.

Nah itu perbedaan Linux dan sistem operasi lainnya yaitu Perbedaan utamanya terletak di akses terhadap kode pemrograman (source code), Source code pada Linux tidak dikunci yang bebas diakses oleh siapapun.

Sistem operasi Linux itu apa saja sih?

Jenis atau Macam-macam dari Linux ini mulai dari Redhat Linux, Debian Linux, Ubuntu Linux, CentOS Linux, SuSE Linux, Slackware Linux, Fedora Linux, Linux Mint, Mandriva Linux dan juga Caldera Linux. Mungkin bagi Anda yang penggemar tekhnologi, tentu memahami jenis-jenis Linux pada komputer menjadi suatu hal yang menarik.

Perlu anda ketahui, Linux itu lebih baik dari Windows dari sisi keamanannya. Karena Linux memiliki sistem keamanan yang terbilang baik dan aman jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Windows. Linux itu memiliki resiko yang minim untuk terinfeksi virus yang disebabkan malware ataupun lainnya.

Bisa baca artikel lainnya :  cara mudah dan cepat.menghapus virus

Bisakah Linux digunakan di ponsel? Ya, tentu saja bisa. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang menjalankan Linux di smartphone atau tablet Android. Android dibangun di atas kernel Linux, tumpukan perangkat lunak yang berinteraksi dengan perangkat keras.

Memang, apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari Linux yang mendukung perangkat berbeda ini?berikut dibawah ini penjelasannya yaitu:

Kelebihan dari Linux
yang perlu Anda ketahui yaitu: system operasi terbuka atau open source, Aman dari virus malware, Yang memiliki aplikasi bawaan yang cukup lengkap Dan masih banyak lagi kelebihannya

Selain memiliki banyak kelebihan, tidak menutup kemungkinan Linux juga memiliki Kekurangan, berikut penjelasannya:

Tampilan Antarmuka yang Rumit

Tampilan Antarmuka Linux mengharuskan pengguna untukk beradaptasi dengan cepat dan mempelajari tentang root, terminal, dan hal lainnya terlebih dahulu.

Bagii Anda yang belum pernah menggunakan system operasi inii sebelumnyaa, memahami system operasi Linux mungkin akan sedikkit sulit pada awalnyaa.

Selain itu Linux memilliki beberapaa kode perintah untuk menjalankaan suattu program atau aplikasi.

Tidak Cocok digunakan untuk bermain game

Kelemahan lain dari Linux itu adalah sistem operasi ini tidak terlalu mendukung gaming di laptop ataupun di desktop.

Hanya beberapa game saja yang dibuat di platform ini. Jadi, bagi pengguna yang sangat senang dengan bermain game dan menggunakan komputer untuk bermain game, tidak disarankann menggunakaan sistem operasi Linux ini.

Baca juga: cara merekam layar laptop windows 10

Beberapa versi dari Linux tidak memiliki cukup Aplikasi bawaan

Hal ini dikarenakan pengembangaan aplikasi di Linux ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga bagi penggunaa harus sabar menunggu update sistem operasi Linux tersebut.

Diharapkan dengan anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Linux tersebut, mak semoga dapat membantu Anda memutuskan sistem operasi mana yang harus Anda gunakan di laptop atau desktop Anda.

Pada intinya sih, tidak ada system operasi yang sempurna, yang ada hanyalah sistem operasi yang memenuhi kebutuhan Anda sehingga terlihat sempurna.

Demikianlah ulasan singkat yang bisa admin ulas dan bagikan mengenai sistem operasi Linux. Semoga bermanfaat

Comments

Populer Post

Nah ini dia Nomor SMSC Pusat Pesan Smartfren Terbaru

+60 Kode Negara Mana Ya?

Kode +93 Itu Negara Mana Ya?

Kekurangan Dan Kelebihan Microsoft Office 2010 Terlengkap

08771 Kode Awalan Nomor Kartu Operator Apa ya?