Cara Kerja, Jenis, Dan Pengertian Printer Thermal Lengkap

Sanketsblogs-Cara Kerja, Jenis, Dan Pengertian Printer Thermal Lengkap-Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas dan berbagi informasi mengenai Cara Kerja, Jenis, Dan Pengertian Printer Thermal Lengkap.

Sseperti yang kita ketahui, printer Thermal itu adalah merupakan salah satu jennis printer yang banyaak digunakan pada kasir-kasir di Supermarket.

Oleh karena itu Printer Thermal juga sering di sebut juga dengan Printer kasir, hal ini dikarenakan hampirr semua printer kasir menggunakan Printer Thermal untuk mencetak struk belanjaan.

Sebabnya Printer Thermal banyak di gunakan pada kasir-kasir karena perawatannya yang mudah, dan menggunakan kertas yang berukuran kecil dan juga dengan harga yang terjangkaau.

Dan pada umumnya Printer Thermal menggunakan kertas yang berukuran 58 mm dan Printer Thermal ini juga memiliki beberapa macam jenis atau type yang tersediaa.

Baca juga: Mengetahui fitur-fitur Autocad 2017 lengkap

Dimana Printer Thermal ini berbeda dengan jenis Printer Inkjet ataupun dengan jenis Printer LaserJet. Akan tetapi kalau dari segi kualitas, Printer Thermal ini hampir sama dengaan jenis Printer Dot Matrix.

Perbedaannya yaitu Printer Thermal menggunakan panas dalam pencetakannya, bukan menggunakan sistem ketukan ataupun dengan menggunakan tinta Catridge untuk mencetak diatas kertass.

Printer Thermal itu termasuk kedalam jenis Printer yang tidak mengeluarkan suara keras atau bising, dan bahkan ada beberapa jenis Printer yang tidak mengeluarkan suara waktu pencetakan. Kelebihan Printer Thermal itu dapat mencetak dengan sangat cepatt.

Printer Thermal ini tidak menggunakan tinta toner untuk pencetakannya yang biasa digunakan pada Printer InkJet. Sehingga penggunaan dan pemeliharaan Printer Thermal ini cukup mudah.

Karena dengan teknologi yang tidak menggunakan tinta toner atau pita seperti Printer Dot Matrix. Dalamm hal perawatan, Printer ini cukup mudah dalam perawatannya karena hanya dengan mengganti atau isi ulang jika sudah habis,

Carra kerja Printer Thermal itu mirip dengan mesin Fax, karena dalam proses pencetakan tidak menggunakan tinta toner ataupun pita akan tetapi dengan menggunakan cara proses pemanasan pada kepala pin cetak yang berisi pemanas elektronik untuk mencetak teks ataupun tulisan.

Kalau dilihat berdasarkan cara kerjanya,  jenis Printer Thermal ada 2 yaitu Direct Thermal Transfer, dan Thermal Wax Transfer,

1. Printer Direct Thermal Transfer

Printer Direct Thermal Transfer ini menggunakan kepala PIN yang dipanaskann dallam hal mencetak. Jenis Printer ini tidak membutuhkan pita untuk mencetak, oleh karena itu perawatannya tidak serumit Printer Thermal Wax Transfer.

2. Printer Thermal Wax Transfer 

Printer jenjs ini dalamm hal mencetak menggunakan PIN yang dipanaskan lalu kemudian akan mencetak sesuai yang di inginkan. Printer Thermal Wax Transfer ini memerlukan perawatan berkala untuk membersihkan sisa-sisa tinta yang ada di kepala Printer.

Benntuk dari Printer Thermal ini kecil sehingga mudah dibawa dan dipindahkan. Kinerja Printer Thermal ini juga cepat dalam hal mencetak. Dengan spesifikasi yang bagus tersebut, Printer Thermal dibanderol dengan harga yang sesuai dengan spesifikasi yang di tawarkan.

Kelebihan lainnya yaitu jenis Printer Thermal ini tidak berisik atau bising, bahkan ada beberapa yang tidak mengeluarkann suara sama sekali.

Akan tetapi di balik segala kelebihannya, Printer Thermal ini juga memiliki kekurangan yaitu pada saat menggunakannya anda harus menggunakan kertas khusus untuk Printer Thermal.

Selain yang disebutkan di atas itu, Printer Thermal ini juga tidak bisa mencetak pada kertas yang memiliki ukuran yang lebarr

Jenis-Jenis Printer Thermal lainnya yaitu diantaranya:

  1. Mini Printer Thermal Bluetooth M58-II
  2. Printer THermal Barcode
  3. Printer Thermal VSC POS80MM
  4. Printer Thermal Ultron CX-58D
  5. Mini Thermal Printer POS-5890c paper 58mm
  6. Matrix Point TM-P3160e
  7. Blueprint TMU-m80 Portable ptinter thermal

Demikianlah ulasan singkat yang bisa admin bagikan mengenai Cara Kerja, Jenis, Dan Pengertian Printer Thermal Lengkap. Semoga bermanfaat.


Sumber: dimensidata

Comments

Populer Post

Nah ini dia Nomor SMSC Pusat Pesan Smartfren Terbaru

08771 Kode Awalan Nomor Kartu Operator Apa ya?

+60 Kode Negara Mana Ya?

Kode +93 Itu Negara Mana Ya?

08389 Kode Awalan Nomor Kartu Operator Apa?