Cara Mudah Mengatasi Layar Monitor Berkedip-kedip Dan Penyebabnya

Sanketsblogs-Cara Mudah Mengatasi Layar Monitor Berkedip-kedip Dan Penyebabnya-Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas mengenai penyebab layar monitor berkedip  dan cara mengatasinya. Cara Mudah Mengatasi Layar Monitor Berkedip-kedip Dan Penyebabnya

Cara Mudah Mengatasi Layar Monitor Berkedip-kedip Dan Penyebabnya


Dengaan semakin berkembangnya layar monitor, baik itu dari segi ukuran hingga segi teknologi, perkembangannya cukup pesat sampai sekarang. Dulu layar monitor pada komputer PC berupa monitor tabung, dengan ukuran dimensinya cukup besar. Sedangkan sekarang, layar monitor yang dipakai pada komputer PC telah berganti menjadi LCD dan LED, dengan dimensi ukurannya yang semakin tipis dan resolusi gambar yang semakin halus.

Naamun sayangnya, perkembangan teknologi yang canggih pun tetap tidak bisa menghindarkan perangkat keras tersebut dari kerusakan dan permasalahan yang terjadi.

Banyakk sekali permasalahan pada monitor yang bisa saja terjadi ketika kita sedang menggunakannya karena berbagai sebab. Mulai dari layar yang berkedip, hingga mati total. Monitor yang terus berkedip-kedip pastinya akan sangat terasa mengganggu ketika kita sedang menggunakan komputer untuk suatu hal, seperti mengetik dan lain sebagainya.

Memiliki layar komputer dengan gambar berkualitas tinggi sangat penting. Layar resolusi tinggi memberikan kemudahan lebih, dalam bekerja di komputer untuk jangka waktu yang lama. Namun, semua kenyamanan Anda akan benar-benar hilang ketika masalah berkedip terjadi pada monitor anda.

Dengan Masalah ini dapat mengakibatkan kelelahan mata, sakit kepala, atau bahkan merusak penglihatan Anda. Berikut dibawah ini beberapa penyebab yang mengakibatkan layar monitor berkedip, yaitu:

  1. Resolusi Layar Terlalu Tinggi
  2. Refresh Rate Terlalu Tinggi atau Terlalu Rendah
  3. Suhu Processor Panas
  4. Pasokan Daya Listrik Tidak Stabil
  5. Fan Processor Bemasalah
  6. Kabel yang menghubungkan CPU ke Monitor Rusak
  7. Kabel VGA Bermasalah
  8. VGA Driver Perlu Diupdate
  9. VGA yang Bermasalah

Cobalah atasi masalah tersebut satu demi satu dan hingga anda bisa menghentikan layar monitor berkedip-kedip. Namun, jika tidak ada langkah-langkah dibawah ini yang bisa menyeleseikan masalah, Anda mungkin harus meminta bantuan atau membawa ke tempat service komputer terdekat di daerah anda.

Berikut ini adalah apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki layar monitor yang berkedip.

A. Periksa refresh rate vertikal monitor Anda. Cara nya yaitu:

  • Pertama Klik tombol Start
  • kemudian klik Run
  • Lalu Ketikan control kemudian klik tombol OK
  • Carilah ikon berlabel ‘Display’ dan double klik.
  • Pada jendela Display Properties
  • Lalu klik tab Settings
  • Kemudian Klik tombol ‘Advanced’ dan kemudian klik tab ‘monitor’
  • Di bawah bagian ‘Monitor settings’, Anda akan melihat menu drop-down berlabel ‘Screen refresh rate'
  • Dan pastikan bahwa refresh rate layar 75Hz atau lebih. Jika sudah, Anda mungkin harus merestart ulang komputer Anda agar pengaturan baru ini bisa bekerja

B. Kartu grafis usang atau lama atau belum update

 
Mungkin ini juga salah satu alasan penyebab dari monitor yang berkedip-kedip. Jika ini yang jadi penyebab nya, cari tahu produsen dan model kartu grafik komputer Anda. Kunjungi ke situs resmi produsen kartu video dan periksa setiap update yang mungkin telah dirilis sejak Anda menginstal driver. Download dan instal semua update yang tersedia. Reboot komputer Anda dan lihat apakah monitor berhenti berkedip-kedip atau tidak.

Demikianlah ulasan singkat yang bisa admin bagikan mengenai Cara Mudah Mengatasi Layar Monitor Berkedip-kedip Dan Penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Comments

Populer Post

Nah ini dia Nomor SMSC Pusat Pesan Smartfren Terbaru

Kode +93 Itu Negara Mana Ya?

Nomor Pusat Pesan Semua Operator Lengkap

08771 Kode Awalan Nomor Kartu Operator Apa ya?

Cara Daftar Paket Internet XL XTRA Combo VIP