Cara Mudah Memperbaki Tinta Printer Tidak Keluar

Sanketsblogs-Cara Mudah Memperbaki Tinta Printer Tidak Keluar-Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas dan berbagi informasi mengenai Cara Mudah Memperbaki Tinta Printer Tidak Keluar.
Seperti yang kita ketahui, Printer itu merupakan sebuaah perangkat keras yang terhubung ke komputer yang fungsinya untuk mencetak hasil lembar kerja pada selembar kertas atau lebih yang di buat dan di tampilkan pada komputer atau laptop. Di zaman yang serba canggih ini pembuatan dokumen banyyak menggunakan komputer dan printer sebagai alat pencetaknya, alasannya karena lebih praktis dan mudah diperbaiki jika terjadi kesalahan pengetikan
Cara Mudah Memperbaki Tinta Printer Tidak Keluar

Selain digubnakan untuk cetak tulisan, foto ataupun gambar juga bisa di cetak dengan mudah dengan menggunakan Printer tanpa harus datang ke tempat mencetak foto. Akan tetapi, daari banyak keuntungan dan kemudahan dari printer tersebut, perlahan tapi pasti semua printer juga akan mengalami kerusakan, misalnya saja salah satunya masalahnya seperti tinta pada printer tersebut tidak keluar ketika akan mencetak dokumen atau foto.

Baca juga: Cara merubah tampilan latar belakang microsoft Word

Umumnya salah satu jenis printer yang sering digunakan yaitu printer Inkjet dimana jenis printer ini menggunakan tinta cair untuk mencetaknya dan printer ini juga banyak digunakan oleh sebuah perkantoran, sekolahan maupun pribadi. Karena printer digunakan untuk memberikan data dalam bentuk hardcopy dan mempermudah untuk penyebaran atau membaca dari sebuah data. Seperti halnya pada data microsoft excel dan word yang sudah dicetak menjadi hardcopy sehingga lebih mudah untuk disebarkan dan dipelajari.

Didalam penggunaan printer, para pekerja kantoran juga seringkali di hadapi suatu masalah tinta printer tidak keluar, itu mungkin bisa terjadi karena beberapa hal, akan tetapi yang paling sering terjadi adalah karena cartridge tinta yang sudah rusak karena umurnya yang udah lama dan sering digunakan untuk mencetak dalam jumlah banyak. Selain itu, masih banyak lagi faktor yang menjadi penyebab tinta printer tidak keluar , baiklah langsung saja pada artikel ini akan diulas penyebab dan cara mengatasinya apabila tinta printer tidak keluar atau macet.

Cara Mudah Memperbaki Tinta Printer Tidak Keluar

Berikuut dibawah ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi tinta printer yang tidak keluar yang bisa anda coba, yaitu:

Tinta kehabisan karena lupa diisi ulang

Coba dicek kapan terakhir anda mengisi tinta ke dalam cartridge. Jika memang dirasa sudah waktunya mengisi tinta, silakan isi tinta ke dalam cartridge maksimal sekitar 3 ml, jangan berlebihann, karena tinta akan meluber dan bocor pada bagian bawahnya dan pastikan aliran tinta pada selang tidak ada yang terputus oleh udara.

Baca juga: Cara mudah mengganti sendiri keyboard Laptop

Rendam Catridge dengan cairan khusus pembersih Catridge

Jika tinta masih belum juga keluar atau tidak ada tulisan sama sekali, coba anda bersihkan cartridge dengan cara merendam bagian bawah catridge ke dalam air panas atau ke dalam cairan pembersih khusus tinta yang tersumbat

Ubah Kualitas Mencetak

Setelah dicoba tetap tidak mau keluar tulisannya, coba ditingkatkan kualitas pencetakannya ke level high. caranya dari menu Properties, kemudian pilih tab Utama atau Advanced, selanjutnya ganti dari Standar menjadi Tinggi atau High, Tekan tombol OK, dan coba lakukan Print Test Page kembali.

Adanya sumbatan pada head cleaning
Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan head cleaning dan deep cleaning pada printer. Head Cleaning dan deep cleaning merupakan salah satu fitur maintenance yang terdapat pada printer. Cleaning dan deep cleaning dapat dilakukan jika keadaan sumbatan pada head catridge tidak terlalu parah.

Berkut Cara head cleaning dan deep cleaning sangat mudah, caranya:
  • pertama-tama Ketik start pada printer
  • Lalu kemudian pilih menu device dan printer ( pastikan printer terhubung dengan perangkat komputer )
  • Lalu selanjutnya klik kanan pada komputer
  • Kemudian pilih pilihan printing preferences
  • Kemudian pilih menu cleaning dan deep cleaning dan tunggu hingga prosesnya selesai Anda bisa melakukan cleaning kurang lebih 2 - 3 kali.
Note: Jika sseluruh cara diatas belum bisa menyelesaikan masalah printer anda, kemungkinan catridgenya sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru,

Baca juga: tips mudah mengatasi harddisk eksternal minta di format

Demikianlah ulasan singkat yang bisa admin bagikan mengenai Cara Mudah Memperbaki Tinta Printer Tidak Keluar. Semoga bermanfaat.



Sumber: routekno.blogspot.co.id

Comments

Populer Post

Nah ini dia Nomor SMSC Pusat Pesan Smartfren Terbaru

08771 Kode Awalan Nomor Kartu Operator Apa ya?

+60 Kode Negara Mana Ya?

Kode +93 Itu Negara Mana Ya?

08389 Kode Awalan Nomor Kartu Operator Apa?