Tips Mudah Mengatasi Harddisk Eksternal Minta Di Format

Sanketsblogs-Tips Mudah Mengatasi Harddisk Eksternal Minta Di Format-Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas mengenai Tips Mudah Mengatasi Harddisk Eksternal Minta Di Format.

Sebelum lanjut, kita harus tau dulu itu apa yang namanya Harddisk. Harddisk itu addalah salah satu perangkat keras dari sebuah komputer ataupun laptop.

Fungsi dari Harddisk itu secara umum yaitu sebagai tempat untuk penyimpanan data dari sebuah perangkat komputer ataupun laptop.

Tips Mudah Mengatasi Harddisk Eksternal Minta Di Format

Karena kadang-kadang kita akan membutuhkan Harddisk tambahan di karenakan Harddisk bawaan dari komputer ataupun laptop tersebut sudah penuh yaitu Harddisk Eksternal.

Baca juga: Mengetahui Fitur-fitur Autocad 2017 Lengkap

Fungsi dari Harddisk eksternal itu sama dengan sebuah Flashdisk dan Memori Card yaitu sama-sama berfungsi sebagai tempat penyimpanan data tambahan, Harddisk Eksternal juga sangat dibutuhkan ketika anda akan mem-backup suatu file yang penting

Bagi anda yang memiliki Harddisk Eksternal ini, Apakah anda pernah mengalami masalah ketika anda mencolokkan Harddisk Eksternal tersebut ke USB, ke Komputer ataupun Laptop, lalu muncul notifikasi bahwa Harddisk eksternal harus di format ( You need to format disk in drive F: before you can use it. Do you want to format it? ), dan anda tidak bisa membuka isi atau data yang ada didalam Harddisk Eksternal tersebut.

Pesan atau notifikasi tersebut menandakan bahwa Harddisk Eksternal anda minta di format, kalau di dalam harddisk tersebut berisi data-data yang tidak penting bisa langsung anda format. Akan tetapi bagaimana jika isi didalam Harddisk Eksternal tersebut berisi data-data yang penting yang anda miliki?

Baca juga: Cara kerja, jenis dan pengertian Printer Thermal

Pasti anda akkan mencoba cara lain selain memformat Harddisk Eksternal tersebut. Biasanya hal itu terjadi diakibatkan karena anda asal mencabut Harddisk Eksternal dari USB Komputer atau Laptop anda,

Apalagi jika Harddisk Eksternal tersebut sedang dalam proses transfer data lalu tiba-tiba anda mencabutnya begitu saja, hal itu akan menjadi masalah penyebab harddisk eksternal minta di format.

Kalau Harddisk Eksternal sudah terlanjur error dan minta di format, tenang berikut dalam artikel ini akan dijelaskan caranya. Barangkali data yang ada didalam harddisk eksternal Anda tersebut masih bisa diselamatkan.

Untuk masalah ini, anda bisa menggunakan perintah dalam CMD Commant Prompt pada komputer atau laptop anda.

Baca juga: Cara Mengetahui Versi Windows, RAM dan CPU Pada Komputer

Baiklah langsung saja simak langkah demi langkahnya di bawah ini :

  • Perttama colokkan Harddisk Eksternal ke USB komputer ataupun laptop anda, lalu anda close notifikasi perintah format yang muncul atau di abaikan saja.
  • Lalu kemudian anda ketahui lokasi drive Harddisk Eksternal Anda tersebut, ada dimana?apakah di drive E, F, G, atau drive lainnya.
  • Lalu kemudian anda klik RUN pada Windows. Caranya bisa melalui perintah Start -> Run atau cara cepatnya dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard.
  • Lalu kemudian selanjutnya anda ketikkan perintah chkdsk /f G: keterangan G disini adalah lokasi drive harddisk eksternal yang tadi anda colokkan jadi sesuaikan dengan lokasi drive harddisk eksternal tersebut
  • Lalu kemudian tekan ENTER pada keyboard dan tunggu beberapa saat. 

Note: Lamanya proses tersebut tergantung dari besarnya kapasitas Harddisk Eksternal yang anda gunakan. Jika besar, maka prosesnya membutuhkan waktu yang lama.

Keterangan:

chkdsk fungsinya untuk mengecek seluruh data dalam hardisk eksternal. /f fungsinya untuk melakukan pengecekan dan memperbaiki kesalahan yang ditemukan pada hardisk eksternal. H: adalah lokasi drive harddisk eksternal di komputer yang anda digunakan

Nah itulah caranya untuk mengatasi Harddisk Ekternal yang anda miliki minta di format

Demikianlah ulasan singkat yang bisa admin ulas bagikan mengenai Tips Mudah Mengatasi Harddisk Eksternal Minta Di Format. Semoga bermanfaat.


Sumber: dosenit.com

Comments

Populer Post

Nah ini dia Nomor SMSC Pusat Pesan Smartfren Terbaru

08771 Kode Awalan Nomor Kartu Operator Apa ya?

Kode +93 Itu Negara Mana Ya?

Mengetahui Fitur-Fitur AutoCAD 2017 Lengkap

Nomor Pusat Pesan Semua Operator Lengkap