Beberapa Cara Untuk Mengatasi Laptop Nyala Layar Hitam

Sanketsblogs-Beberapa Cara Untuk Mengatasi Laptop Nyala Layar Hitam-Pada kesempatan kali admin akan mengulas mengenai black screen atau layar hitam yang bisa terjadi pada laptop.
 

Beberapa Cara Untuk Mengatasi Laptop Nyala Layar Hitam

Di jaman sekarang ini tentu tidak asing lagi yang namanya laptop. Dimana laptop ini banyak di gunakan orang untuk menyeleseikan pekerjaan.

Tentunya laptop juga bisa mengalami masalah jika sudah terlalu lama digunakan. Salah satunya yaitu masalah munculnya black screen atau layar hitam.

Baca juga: cara merekam layar laptop Windows 10

Kondisi ini bisa juga terjadi pada saat laptop masih menyala. Laptop black screen itu bisa terjadi karena layar LCD mengalami kerusakan.

Atau pada VGA dan kabel laptop yang bermasalah. Layar hitam pada laptop merupakan salah satu masalah yang terjadi ketika perangkat laptop mengalami error pada sistem operasi atau kerusakan pada komponennya.

Karena itu dapat menyebabkan monitor atau layar laptop Anda tiba-tiba menjadi hitam. Masalah layar hitam pada laptop ini sering menimbulkan kepanikan di kalangan pengguna. Karena jika layar menjadi hitam, maka laptop tidak akan bisa digunakan seperti biasanya.

Baca juga: tips dan triks membeli Laptop bekas

Menurut halaman resmi Microsoft, masalah layar hitam atau black screen di laptop Windows 10 ini secara garis besar disebabkan oleh 3 hal.

Yaitu bisa karena adanya masalah koneksi ke pada layar. Atau bisa juga karena masalah pembaruan driver adapter tampilan, atau karena masalah update sistem terbaru.

Untuk mengatasinya masalah tersebut, anda perlu menggunakan beberapa cara berikut dibawah ini:

Bersihkan Laptop

Pada saat Laptop digunakan, mungkin ada debu atau kotoran-kotoran yang halus yang masuk ke bagian dalam di laptop anda, dan itu bisa juga menyebabkan laptop jadi black screen atau layar hitam .

Maka dari itu kebersihan laptop itu penting untuk dijaga agar kinerja laptop jadi maksimal dan merupakan salah satuu cara mengatasi laptop yang lemot.

Untuk itu, Anda bisa mulai membersihkan bagian dalam laptop dengan menggunakan kuas halus dan untuk membersihkan kaki-kaki dari komponen laptop anda bisa menggunakan penghapus pensil. Tentu saja cara membersihkannya harus dengan hati-hati ya

Baca juga: ingin supaya baterai Laptop tahan lama

Cek kondisi layar

Selain dibersihkan bagian dalam laptopnya, kondisi layar laptop bisa anda cek selanjutnya.

Anda bisa lihat lampunya setelah menekan tombol Power apakah lampunya menyala atau tidak. Kalau misalkan lampunya menyala tapi layarnya masih hitam, Anda tekan tombol kombinasi Windows + Ctrl + Shift + B bersamaan.

Kalau tekan tombol tersebut merespon, nanti cirinya anda akan  mendengar suara BIP, lalu layarnya akan meredup atau berkedip saat Windows mencoba me-refresh layar.

Berbeda kalau lampu power tidak menyala, Anda harus tekan terus tombol Power selama sepuluh detik untuk mematikannya. Setelah itu, cabut adaptornya lalu biarkan selama tiga puluh detik, setelah itu anda bisa pasang lagi dan menyalakan ulang kembali perangkat tersebut.

Baca juga: cara sederhana mengurangi radiasi komputer

Hapus Antivirus lewat safe mode

Kalau misalkan masalah layar hitamnya masih terjadi, itu bisa saja software antivirus yang menyebabkan laptop mengalami layar hitam.

Nah untuk menghapusnya, anda bisa masuk ke Windows dengan cara Safe Mode. Setelah itu klik Mulai terus Pengaturan terus ke Aplikasi atau Sistem terus ke Aplikasi dan Fitur Baru.

Lalu anda pilih antivirus yang ingin dihapus dan selanjutnya anda restart laptopnya.

Baca juga: cara mudah dan cepat menghapus virus

Hapus Beberapa Program di Laptop

Selain menghapus antivirus tersebut, lewat safe mode tersebut anda juga bisa mengecek atau menghapus atau uninstall program yang mencurigakan dan tidak pernah merasa anda install. Karena program tersebut bisa saja yang menyebabkan laptop anda jadi black screen.

Task Manager

Cara lainnya untuk mengatasi layar laptop blank hitam bisa dengan menggunakan task manager. Cara ini termasuk mudah karena bisa dipakai semua laptop.

Cara mengatasi laptop blank menggunakan task manager:

  1. Klik kanan di bagian taskbar pilih Task Manager
  2. Atau tombol cepatnya anda bisa menekan kombinasi keyboard ctrl + alt + delete bersamaan
  3. Lalu anda pilih menu File dan Run New Task
  4. Kemudian ketik cmd lalu tekan OK
  5. Dan Ketika jendela command prompt muncul ketik shutdown -r -t 01
  6. Dan setelah itu tekan tombol enter

Baca juga: cara lengkap dan mudah dipahami masuk ke Bios windows10

Masuk ke BIOS

Cara untuk mengatasi laptop layar hitam selanjutnya yaitu adalah dengan masuk ke BIOS laptop. Caranya bisa anda lakukan yaitu:

  1. Anda matikan laptop dengan cara menekan tombol power
  2. Lalu anda hidupkan kembali laptop tersebut
  3. Kemudian anda tekan tombol F2 atau F12 atau Delete atau ESC (biasanya tergantung jenis windows laptopnya )tekannya berulang kali ketika laptop booting

Dan kketika pengaturan BIOS muncul di layar monitor berarti tidak ada kerusakan pada hardwarenya dan jika laptop tetap blank maka ada masalah pada komponen laptopnya

Baca juga: cara umum menghubungkan Laptop ke- ayar monitor

Restart Ulang windows explorer

Cara mengatasi laptop layar hitam tapi hidup, ini bisa Anda lakukan jika masalah layar hitamnya muncul ketika Anda sudah masuk ke sistem operasi.

Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan:

  1. Pertama anda buka task manager dengan cara menekan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL
  2. Lalu anda masuk pada tab Process, disitu nanti Anda akan menemukan proses bernama ‘Windows Explorer’.
  3. Kemudian anda klik kanan pada proses tersebut lalu pilih Mulai Ulang
  4. Jika masih tidak berhasil, Anda bisa memilih untuk menjalankan proses baru dan memasukkan explorer.exe
  5. Lalu klik ‘OK’


Install Ulang Laptop

Dan jika cara-cara di atas sudah anda lakukan tapi tetap saja layar laptop anda tetap blank hitam. Maka anda bisa menginstall ulang laptop tersebut.

Baca juga : cara mudah Install Upgrade Windows 11 gratis

Nah itulah cara-cara yang bisa anda lakukan jika layar laptop anda blank hitam. Semoga bermanfaat.

Comments

Populer Post

Nah ini dia Nomor SMSC Pusat Pesan Smartfren Terbaru

08771 Kode Awalan Nomor Kartu Operator Apa ya?

+60 Kode Negara Mana Ya?

Nomor Pusat Pesan Semua Operator Lengkap

Cara Isi Ulang Kuota Smartfren Lengkap