VGA Komputer?Fungsi Dan Jenis VGA Yang Penting Diketahui

Sanketsblogs-VGA Komputer?Fungsi Dan Jenis VGA Yang Penting Diketahui-Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas mengenai apa itu VGA? VGA itu adalah merupakan salah satu komponen pada komputer yang penting yang ada dalam CPU.
 

VGA Komputer?Fungsi Dan Jenis VGA Yang Penting Diketahui

VGA itu singkatan dari Video Graphics Accelerator yang biasanya sudah ada satu paket dengan Motherboard.

VGA sangat berperan penting untuk menerjemahkan grafis pada komputer ke monitor sehingga pengguna bisa melihat tampilan pada layar monitor komputer.

Baca juga: penyebab dan cara mudah mengatasi komputer no signal

Dengan kata lain, VGA memiliki fungsi yaitu sebagai pengolah gambar yang nantinya akan muncul di layar monitor komputer tersebut.

VGA sendiri memiliki processornya sendiri yang bernama GPU. GPU sendiru adalah singkatan dari Graphics Processing Unit yang didalamnya sudah ada memori dan penyimpanan data.

Dengan adanya VGA, grafik didalam bermain game menjadi jauh lebih baik dan tanpa adanya masalah.

VGA juga dapat membantu Anda, agar menjadi lebih mudah dalam membuat desain grafis maupun desain 3D.

Saking pentingnya VGA, sehingga kalau pada komputer anda tidak ada VGA, maka gambar pada layar monitor tidak akan muncul.

Dan jika VGA nya tidak bagus, maka hasilnya tidak akan sebagus yang biasanya anda lihat. Nah itulah kenapa peran VGA sangat penting sekali.

Baca juga: cara umum menghubungkan laptop ke layar monitor

Dan untuk VGA laptop, jikalau VGA-nya rusak, itu hanya bisa diganti dengan VGA yang sama bukan diganti dengan VGA yang lebih powerfull. Jadi bisa disimpulkan, untuk laptop VGA-nya tidak bisa sembarang ganti atau upgrade yang lebih bagus dari bawaannya.

Jenis- Jenis VGA pada umumnya

Dan untuk secara umum, VGA itu dapat dibedakan menjadi 2 jenis, antarra lain yaitu:

VGA on board

Jenis VGA ini sudah tertanam langsung pada Motherboard-nya. Dan karena ini menyebabkan VGA tidak bisa diganti ataupun diupgrade.

VGA on board biasanya digunakan pada laptop karena komponen GPU dan memori diletakkan bersamaan dengan CPU untuk menghemat banyak tempat.

Kelebihan VGA On-Board yaitu: Harga yang jauh lebih terjangkauu, Untuk perawatannnya cenderrung lebih mudah dan sudah cukup untuk bisa menjalankan keperluan standar komputer.

Baca juga : sebab-sebab CPU komputer mati sendiri

Selain kelebihan, VGA On-Board juga ada sisi kelemahannya, yaitu : Lemah ketika mengolah grafik berkualitas tinggi, Tidak support dengan game beresolusi tinggi dan modern, dan terkadang sering mengalami lag atau lemot ketika anda memutar video beresolusi tinggi.

VGA Add-On

VGA Add-On dapat bekerja lebih maksimal dibandingkan dengan VGA On-Board. Komputer PC atau desktop biasanya menggunakan VGA add-on ini dan yang terpisah dari motherboardnya.

Karena ini yang membuat VGA pada komputer dekstop lebih mudah untuk diganti atau diupgrade sesuai kebutuhannya.

Biasanya komponen VGA pada desktop terdiri dari komponen GPU, Memori, dan juga kipas pendingin yang dijadikan satu pada satu papan motherboard.

Dan untuk VGA Add-On memiliki beberapa keunggulan yaitu:  Memiliki sistem pendingin terpisah sehingga jadi lebih tahan lamaa, bisa menjalaankan grafik 3D dan aktivitas gamiing yangg beratt, Bisa diupgrade, dan ttampilan gambar menjjadi lebih tajamm.

Dan untuk kkelemahan VGA add-On yaitu: dengan harga yang relatif mahal, tidak semua komputer mendukung pergantian VGA Card.

Baca juga: mengenal apa itu Chromebook

Tips Mengupgrade VGA Komputer

Bagi para pengguna komputer dekstop,  jika mau meningkatkan kualitas tampilan di layar monitor, sebaiknya tambahkan VGA card yang sudah dijamin kualitasnya. Dan untuk pemilihan VGA pada laptop sebaiknya dilakukan pada saat anda mau membeli laptop yang diinginkan dengan melihat dan perhatikan spek yang ada di laptop tersebut.

Pilihlah prosesor dan VGA sesuai dengan kebutuhan anda, karena ketika sudah memilih suatu laptop dengan spesifikasi tertentu, kemampuan VGA ini tidak akan bisa ditambah atau diupgrade ataupun dikurangi.

Pentingnya untuk memperhhatikan penggunaann VGA untukk komputer PC dan laptop ini. Dikarenakann VGA mempunyai peranan yang penting untuk menjaga dan membuat visual dari monitor menjadi lebih baik. Dan selain itu VGA yang berjalan dengan baik akan membuat komputer dekstop dan monitor lebih tahan lama dann performanya tetap berjalan dengan baikk.

Baca juga: ingin supaya Baterai Laptop tahan lama

Untuk Type VGA yang sudah tersebar dipasaran yaitu:

  1. NVIDIA NV3
  2. NVIDIA NV4
  3. NVIDIA GEFORCE Series
  4. ATI RAGE 3D
  5. ATI RADEON Series
  6. S3 ViRGE

Nah itulah ulasan singkat yang bisa admin bagikan mengenai VGA Komputer?Fungsi Dan Jenis VGA Yang Penting Diketahui. Semoga bermanfaat.

Comments

Populer Post

Nah ini dia Nomor SMSC Pusat Pesan Smartfren Terbaru

08771 Kode Awalan Nomor Kartu Operator Apa ya?

+60 Kode Negara Mana Ya?

Kode +93 Itu Negara Mana Ya?

Nomor Pusat Pesan Semua Operator Lengkap