Sejarah dan Pengertian Red Hat - Linux Red Hat

Sanketsblogs-Sejarah dan Pengertian Red Hat - Linux Red Hat- Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas dan berbagi informasi mengenai pengertian linux red hat dan kekurangan kelebihannya.

Sejarah dan Pengertian Red Hat - Linux Red Hat

Menurut berbagai sumber, Red Hat adalah salah satu perusahaan terbesar yang dikenal dengan komitmennya terhadap perangkat lunak sumber bebas. Red Hat didirikan pada tahun 1993 dan berkantor pusat di Raleigh, North Carolina, AS. Red Hat dikenal dengan produknya yaitu Red Hat Linux, salah satu distro Linux terpenting.

Red Hat Linux 1.0 dirilis pada 3 November 1994. Awalnya bernama "Red Hat Commercial Linux", ini adalah distribusi Linux pertama yang menggunakan sistem RPM Package Manager.

Di bawah perusahaan Red Hat, Inc., Red Hat Linux menjadi salah satu sistem operasi Linux yang paling populer hingga produksinya dihentikan pada tahun 2004.

Baca juga: apa yang dimaksud dengan linux

Red Hat Linux merupakan salah satu sistem operasi pilihan yang digunakan oleh para profesional dalam masalah komputasi server.

Sejak 1998-1999, Red Hat Linux telah menjadi salah satu pilihan utama sebagai sistem operasi server. Red hat adalah salah satu distro linux yang sudah menerapkan model instalasi dengan adanya Graphical User Interface atau GUI

Nah untuk itu, jika Anda memiliki komputer di rumah atau di kantor dan ingin mengubahnya menjadi server, tentunya Red hat Linux pasti akan menjadi salah satu sistem operasi yang harus Anda pertimbangkan untuk dipilih.

Ya walaupun sistem operasi ini resmi sudah dihentikan produksinya, karena ada banyak hal yang membuat Anda menganggap sistem operasi ini sebagai salah satu pilihan komputasi server yang Anda miliki di rumah ataupun di kantor.

Kelebihan dan Kekurangan Dari Linux Red Hat

Sebagai bahan pertimbangan jika anda ingin memulai menggunakan linux red hat, berikut di bawah ini keuntungan atau kelebihan linux red hat ada juga kekurangannya, berikut ini:

Kelebihan Linux Red Hat

Yang Pertama Installasinya mudah

Redhat telah menerapkan model instalasi dengan Graphical User Interface atau GUI sejak Redhat 6.

Hal ini sangat memudahkan pengguna untuk menginstal sistem operasi ini di komputer server ataupun laptop.

Sejak Redhat 6, Redhat sudah memiliki instalasi dengan model GUI yang menyederhanakan instalasi dengan grafik yang menunjukkan langkah-langkah instalasi yang mudah diikuti.

Setelah menyelesaikan instalasi, Anda tidak perlu melakukan apa pun. Karena layar GUI sudah siap dan Anda dapat langsung bekerja dengannya.

Baca juga: 2 cara mengembalikan file atau data yang terhapus

Memiliki Aplikasi bawaan lengkap dan juga gratis

Redhat adalah sistem operasi Linux yang menyediakan aplikasi bawaan terbaik dan gratis di CD atau media instalasi Redhat Linux.

Aplikasi Linux yang masih dalam tahap beta atau percobaan tidak disertakan, meskipun aplikasi ini mungkin memiliki beberapa kegunaan.

Semua aplikasi bawaan ini menumpuk dengan baik di desktop KDE atau GNOME yang dimodifikasi dengan tema Redhat Blue Curve.

Dengan aplikasi ini Anda dapat bekerja dengan baik. Anda tidak perlu khawatir tentang kesalahan pop-up atau semacamnya yang akan mengganggu kinerja Anda, karena aplikasi yang terpasang di Redhat Anda pasti adalah aplikasi yang bagus

Baca juga : cara mudah install upgrade windows 11 gratis

Memiliki antarmuka untuk konfigurasi sistem

Pada sistem operasi berbasis Linux, sistem operasi atau konfigurasi linux sebenarnya memiliki bentuk mentah berupa file teks yang terletak di direktori sistem.

Bagi orang yang akrab dengan pemrograman di System Operasi Linux, mengedit konfigurasi langsung di lokasi itu mudah dan cenderung menawarkan lebih banyak fleksibilitas pengeditan.

Misalnya saja anda ingin mengedit file konfigurasi secara langsung adalah cara terbaik agar sistem bekerja sesuai dengan keinginan anda.

Namun jelas bahwa ini tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Oleh karena itu, di Redhat Linux terdapat program konfigurator atau pengaturan yang memiliki menu dan kotak dialog yang dapat diisi untuk melakukan perubahan pada sistem.

Model konfigurasi ini tersedia sepenuhnya di Linux Redhat versi 7.3 ataupun di versi yang lebih tinggi. Sedangkan versi dibawahnya masih menggunakan linuxconf sebagai media untuk melakukan perubahan pada sistem operasi linux.

Memiliki dukungan kompatibilitas yang baik

Redhat Linux selalu menyertakan library aplikasi yang kompatibel dengan versi aplikasi lama, sehingga aplikasi untuk versi sebelumnya tetap bisa berjalan di versi terbaru.

Baca juga: pembaruan besar windows 11 versi 22h2

Dengan demikian, Anda tidak perlu menginstal ulang aplikasi yang lebih baru hanya untuk melakukan tugas tertentu yang masih dapat ditangani dengan aplikasi lama.

Kekurangan dari Linux Redhat

  • Memiliki dukungan terhadap multimedia yang kurang baik
  • Membutuhkan waktu untuk mengkonfigurasi
  • Penurunan produktivitas


Demikianlah ulasan singkat yang bisa admin bagikan mengenai Sejarah dan Pengertian Red Hat - Linux Red Hat. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Sumber: https://dosenit.com

Comments

Populer Post

Nah ini dia Nomor SMSC Pusat Pesan Smartfren Terbaru

Kode +93 Itu Negara Mana Ya?

+60 Kode Negara Mana Ya?

08771 Kode Awalan Nomor Kartu Operator Apa ya?

Kekurangan Dan Kelebihan Microsoft Office 2010 Terlengkap