Pengertian Open Source Adalah?

Sanketsblogs-Pengertian Open Source Adalah? -Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas dan berbagi informasi mengenai Pengertian Open Source Adalah?

Paada sebuah komputer itu terdapat System Operasi ( OS ) dan perangkat lunak yang dipasang supaya sebuah komputer tersebut bisa berfungsi dengan baik dan normal. Biasanya perangkat lunak yang digunakan pada sebuah komputer itu berbayar alias tidak gratis. Misalnya saja, jika Anda menggunakan system operasi Windows pada komputer anda, yang juga terinstall Microsoft Ofice di dalamnya, sistem operasi dan perangkat lunak tersebut merupakan perangkat lunak berbayar.

Pengertian Open Source Adalah?

Sellain sistem operasi yang berbayar, ada pula sebuah sistem operasi gratis atau tidak berbayar yaitu yang namanya Open Source yang tidak mewajibkan penggunanya untuk membayar, dan dapat diakses secara gratis dan legal. Untuk keberadaan software Open Source itu sangat bergantung dengan jaringan internet, dengan begitu siapapun dapat dengan mudah untuk mendapatkan software open source untuk digunakan, diperbaiki, dikembangkan dan disebarluaskan kembali melalui internet,

Baca juga: Cara membuat Diagram grafik pada Microsoft Excel

Settiap orang dapat mengakses sebuah program open source secara gratis, akan tetapi jika program tersebut ada yang kurang atau bahkan memerlukan fitur tambahan, pengguna dapat menambahkan fitur tersebut dan bisa ikut berpatisipasi untuk mengembangkan program tersebut agar lebih baik lagi dari sebelumnya. Secara garis besar Open source itu merupakan sebuah lisensi penggembangan yang pengelolaannya tidak dilakukan oleh satu orang atau individu saja, tetapi melainkan dikoordinasi oleh para pengguna yang saling bekerja sama dalam penggunaan source code yang tersedia bebas dan dapat diakses atau dimodifikasi oleh siapapun.

Pengertian Open Source Adalah?

Aatau Open Source itu adalah sebuah istilah yang digunakan pada perangkat lunak atau software yang telah membebaskan atau membuka source codenya untuk bisa dilihat oleh penggunanya, dan membebaskan penggunanya untuk bisa melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta user tersebut juga bisa mengembangkan ataupun memperbaiki sofware itu agar menjadi lebih baik lagi. Dan pada umumnya software open source dapat di unduh secara bebas di internet. Dan salah satu software open source yang cukup terkenal yaitu adalah sistem operasi komputer Linux.

Baca juga: apa itu microsoft sharepoint?pengertianya.

Aadapun keunggulan dari perangkat lunak open source ini yaitu selain dapat diperoleh secara gratis alias tanpa perlu membayar lisensi software dan biasanya open source software dapat di peroleh di internet, dan dengan fitur yang begitu banyak dan kompleks begitu pula dengan kemampuannya. Selain banyak kelebihan, ternyata software open source juga memiliki kekurangan yaitu interface yang dibawakan oleh perangkat lunak open source biasanya kurang user friendly. Untuk mereka yang belum terbiasa akan merasa kesulitan dan harus membiasakan diri terlebih dahhulu.

Baca Juga: cara kerja jenis dan pengertian printer thermal

Berikut contoh-contoh dari software open source, yaitu :
  • System operasi : Linux debian, linux ubuntu, linux mint, linux slackware, linux backtrack, linux open suse
  • Sistem Operasi Smartphone : Android, Firefox OS
  • Photo dan Image Editor : GIMP, InkScape, Digikam, Abhishek’s GLIMPSE
  • Office Editor : LibreOffice, OpenOffice
Demikianlah ulasan singkat yang bisa admin bagikan mengenai Pengertian Open Source Adalah?. Semoga bermanfaat.



Sumber: muhammad-hafizadiansyah.blogspot.co.id

Comments

Populer Post

Nah ini dia Nomor SMSC Pusat Pesan Smartfren Terbaru

08771 Kode Awalan Nomor Kartu Operator Apa ya?

+60 Kode Negara Mana Ya?

Kode +93 Itu Negara Mana Ya?

0899 Awalan Nomor Kartu Operator Apa ya?